Waktu Lovebird Bertelur Sampai Menetas, Ulasan Lengkap

Idealnya burung lovebird yang sehat dan bugar akan mengalami masa kawin di usia 6 bulan namun tergantung bagaimana anda memainkan birahinya. Karena pada dasarnya jenis burung ini adalah burung birahi, jika anda bisa membangkitkan birahinya dengan baik maka di usia 5 bulan bisa jadi burung anda sudah belajar kawin dengan lawan jenisnya tentunya harus di jodohkan dulu bisa deh mencoba menggunakan sisitem koloni dalam penjodohan dimana bisa dikatakan ini sangat cepat dan ampuh karena burung lovebird akan memilih pasangan mereka sendiri.

Ada beberapa fase yang harus anda ketahui khususnya bagi peternak pemula nih. Salah satunya adalah fase masa masa kawin yang sudah admin jelaskan diatas, kemudian selanjutnya kapan waktu bertelur, kemudian berapa menetas dan sampai usia berapa idealnya anda harus angkat piyik atau cindilnya.

Berikut beberapa point penting yang bisa admin share sesuai dengan pengalaman admin ternak selama bertahun tahun mengenai siklus reproduksi burung lovebird yang bisa sahabat cermati.

Berapa Hari Waktu Lovebird Bertelur Sampai Menetas

Berapa Hari Waktu Lovebird Bertelur Sampai Menetas

Berapa Hari Waktu Lovebird Bertelur Sampai Menetas

  1. Idealnya ketika sudah terpantau kawin, maka untuk bertelur bisa membutuhkan waktu sekitar seminggu. Hal ini bisa anda lihat dari ciri fisik burung anda, jika pada bagian dubur sudah besar maka tunggu saja 2 atau 3 hari anda bisa cek glodok apakah sudah ada telur atau belum. Jika sudah ada maka jangan setiap hari di buka ya glodoknya usahakan sebisa mungkin jika sudah ada telur 1 maka anda buka 2 minggu lagi dan memastikan ada berapa telur yang akan di erami.
  2. Waktu menetas burung lovebird idealnya adalah 21 hari dari telur pertama. Maka ada baiknya jika anda membuka glodok pada tanggal 1 dan sudah ada telur maka usahakan buka lagi pada tanggal 23 atau 25 misalkan. Jarak telur pertama dan kedua menetas idealnya dalah 3 – 4 hari. Maka untuk menetaskan semua telur jika jumlahnya empat membutuhkan kurang lebih 1 bulan dari hitungan telur pertama. Jadi anda jangan cepat cepat memponis jonk jika sudah 28 hari misalkan usahakan kalau bisa tunggu satu bulan dulu, jika dengan catatan telurnya tidak di kubur. Namun bagi peternak yang senior mereka melakukan proses cek manual biasanya, apakah isi atau tidak di hari ke 8 dari telur pertama namun bagi pemula jika masih ragu mendingan di biarkan saja.
  3. Lalu jika sudah menetas, kapan idealnya anda panen ? Untuk pemula saya sarankan diatas 2 minggu saja, kalau bisa 3 minggu karena sudah enak di loloh dan kendala makanan mengendap di tembolok dan menyebabkan kematian sangat kecil jika usia sudah 2 atau 3 minggu. Namun bagi senior yang sudah berpengalaman bahkan usia seminggu sudah di angkat dan ada juga yang mulai HF dari usia 0 hari.
  4. Untuk pakan lolohan usahakan beli saja, jangan menggunakan serelac atau kalau bisa anda racik saja sendiri. Dimana dengan takaran campuran milet, canary, pur ayam, dan tambahan sedikit piacik untuk ayam simpelnya sih mending beli saja bubur lolohan.

Ok itu dia sedikit share mengenai seluk beluk kapan waktu lovebird betelur setelah kawin, sampai menetas intinya sahabat harus sabar ya dalam ternak lovebird.